Home » » Membuat grafik parabola di excel

Membuat grafik parabola di excel

Kali ini saya ingin membagikan informasi tentang cara membuat grafik persamaan kuadrat di excel. Mungkin sudah banyak yang tahu tentang cara membuat grafik ini. Sekarang yang saya tekankan disini adalah membuat grafik agar pada sumbu x nya muncul angka yang negatif. Baik, langsung saja saya jelaskan.
            Misalkan kita mempunyai persamaan kuadrat y=x2-4. Tentukan nilai x dulu.
Misalnya dari -5 sampai 5.
Untuk tampilan di excelnya bisa dibuat sama dengan yang diatas. Untuk mempercepat perhitungan, bisa langsung dibuatkan rumusnya.





Setelah semua nilainya masuk, maka blok semua angka.
Kemudian pilih insert dan pilih grafik garis (line).



Untuk grafik ini, saya pilih yang pertama, bagian kiri paling atas. Setelah di klik akan muncul grafik seperti di bawah ini.
 
Setelah itu, anda bisa mengedit warna dan tampilan yang lain dengan mengklik kanan pada grafik dan memilih format chart area.
 
Berarti, pembuatan grafik sudah selesai dan anda siap mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan.
            Yang menjadi masalah adalah ketika anda lupa memberi tanda/keterangan pada kolom hasilnya.
Yang diberi tanda merah anda lupa mengisi labelnya dan tampilannya seperti ini.
Nah, ketika anda akan membuat grafik dengan mengulangi cara yang sama diatas, dengan memblok terlebih dahulu kedua kolom itu, maka hasil dari grafik ini akan menjadi :
 
Akan saya tunjukkan yang menjadi perbedaan dari kedua grafik  yang ini dengan hasil yang pertama.

 
Yang disebelah kiri adalah kolom yang tidak ada labelnya, sedangkan yang disebelah kanan adalah yang ada labelnya. Bisa dilihat perbedaannya. Perbedaan yang mencolok adalah pada sumbu x-nya. Yang paling kiri tidak ada nilai negatif dari x sedangkan yang kanan ada nilai negatifnya. Jadi untuk membuat grafik yang bagus, yang perlu di beri tanda pada kolomnya adalah daerah hasil atau sumbu y-nya, sedangkan sumbu x-nya tidak diisi label, karena akan membuat grafik tidak sesuai.

Bisa dilihat, yang diisi label adalah yang dilingkari merah. Bisa diisi y atau nama yang lainnya. Sedangkan kolom yang disebelah kiri y, tidak di isi apa-apa. Ini memang dibiarkan kosong, karena merupakan sumbu x-nya.


Gratis!! Dapatkan artikel terbaru hanya dengan memasukkan alamat email anda.. Mudah sekali tentunya..:

Delivered by FeedBurner



2 comments: