Inilah Alasan Diciptakannya Kursi

Kursi adalah salah satu benda yang hampir selalu ada disetiap rumah. Fungsi utamanya untuk membantu kita duduk dan membuat nyaman sembari melakukan tugas-tugas atau kegiatan sehari-hari.



Disekolahpun, kursi dengan ditemani oleh meja, menjadi barang yang sangat diperlukan untuk mendukung proses belajar mengajar agar bisa berjalan dengan baik.

Bayangkan jika para murid-murid harus duduk dibawah selama jam sekolah..
Kebayang kan rasanya?

Alasan terciptanya

Suatu benda dibuat oleh manusia tentu mempunyai maksud dan tujuan, tidak terkecuali dengan kursi. Iapun diciptakan dengan tujuan-tujuan tertentu.

Dibawah ini sudah saya rangkum sedikit tentang alasan dibalik diciptakannya sebuah kursi.


Kursi
Kursi

1. Tahan capek

Kursi membuat kita bisa duduk lebih lama tanpa merasakan pegal yang sangat berat pada kaki. Oleh karena itu kursi menjadi barang wajib bagi kantor, sekolah dan tempat aktivitas lainnya.

Orang-orang bisa duduk lebih lama dan bekerja menjadi lebih nyaman.

Coba kalau kita duduknya dibawah dengan posisi kaki bersila atau sebagainya.

Dalam waktu yang tidak lama kaki akan mulai pegal dan jika sudah agak lebih lama lagi, kesemutan pun bisa menyerang. Tubuhpun bergoyang kanan kiri guna menghindari rasa pegal itu. Nah, disini kursi membuat kita tidak merasa terlalu pegal dibandingkan dengan duduk dibawah. 

Bagaimana jika berdiri lama?

Efeknya mirip dengan duduk bersila, kaki akan cepat pegal dan jika lebih lama lagi bisa saja terasa sangat sakit.

Bagi yang tidak biasa berdiri lama, seperti itulah yang akan dirasakan.

Jika sudah menggunakan kursi, rasa pegal pada kaki tidak dirasakan lagi dan kita bisa beraktivitas dalam waktu yang lebih lama lagi.

Karena itulah para murid-murid di sekolah bisa tahan belajar selama lebih dari setengah hari karena mendapatkan posisi duduk yang baik, sehingga tidak menyebabkan rasa pegal atau sakit pada kaki mereka.

Apalagi jika kursinya empuk..

Hmmm..
Lebih mantap lagi..

Kalau disekolah sih ga empuk, kursinya.

Tapi para pekerja kantoran biasanya mendapatkan tempat duduk seperti ini, sehingga mereka terus merasa nyaman bekerja sepanjang hari bertatap-tatapan dengan komputer atau kertas agar tugasnya cepat selesai.

Bahkan, para bos akan mendapatkan kursi yang jauh lebih nyaman lagi. Kursi yang lebih empuk, lebih besar dan pastinya menyenangkan..


2. Memudahkan berdiri

Bangun dari kursi akan terasa lebih mudah jika dibandingkan dengan bangun dari posisi duduk dibawah.

Kalau duduk dibawah kita mungkin akan memerlukan bantuan tangan untuk membantu mengangkat berat tubuh dengan menyandarkannya di lantai.

Repot dan kadang memerlukan usaha keras untuk bangun.

Tapi kalau duduk di kursi, kita tinggal berdiri saja dan rasanya tidak terlalu melelahkan dibandingkan bangun dari bawah.

Dengan ini, para pekerja bisa segera bergerak bangun ketika dipanggil oleh atasan atau mencari barang ditempat lain. Mereka sangat mudah bangun dan duduk kembali, usaha yang diperlukan tidak begitu besar.

Produktivitas pun meningkat..

Bayangkan jika bangun dari tempat duduk adalah pekerjaan yang berat, kita akan enggan untuk beranjak dan malas bergerak kesana kemari.


3. Mempercantik ruangan

Berbagai macam model kursi sudah tercipta, mulai dari yang menggunakan kayu ataupun logam. Masing-masing bahan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Model kursi yang menarik akan membuat ruangan menjadi lebih enak dilihat dan rasanya ingin nempel terus disana sambil menonton televisi dan bermalas-malasan.

Aktivitas lain seperti membaca buku atau mengobrol bersama bisa dilakukan di ruangan ini.

Harganyapun bermacam-macam.

Bisa disesuaikan dengan dana yang nyelip di dompet.

Atau jika memang mengincar kursi idaman dan uangnya masih kurang, bisa menabung dulu deh.. Sisihkan beberapa uang setiap bulan dari gaji yang diterima, kemudian setelah cukup bisalah dibeli kursi idaman.

Penjualnya juga banyak..

Memesan sesuai desain sendiri juga bisa..

Setelah itu, tempatkan dengan baik didalam ruangan agar kesan rapi dan elegan bisa diperoleh sehingga membuat kita nyaman berada didalamnya sembari melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga.


Kesimpulan

Kalau jaman dulu mungkin kursi belum ditemani dengan busa, tapi sekarang sudah banyak sekali jenis kursi yang dilengkapi busa dan bentuknya pun beragam. Kita bisa duduk dengan lebih nyaman karena tidak terlalu merasakan sakit.

Bahkan dalam waktu yang lebih panjang.

Kemudian pemilihan kursi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan agar nantinya tidak merasa rugi ketika sudah membeli.

Misalnya kursi yang digunakan untuk bekerja dalam waktu lama, maka pilihlah yang sudah dilengkapi busa agak tebal agar nyaman digunakan.

Kalau untuk di taman bisa dipilih bangku kayu yang agak panjang dan tidak perlu diisi dengan busa. Karena takut nanti terkena hujan yang akan membuat busanya basah dan kursinya cepat rusak.


Baca juga :

6 comments for "Inilah Alasan Diciptakannya Kursi"

  1. Eh,iya yaa .. kalo dulu ngga ada ide penemuan diciptakan kursi, mungkin sampai saat ini kita semua duduk lesehan terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kebayang dah gimana capeknya ya mas..
      pegal semua badan, terutama kakinya kesemutan terus

      Delete
  2. Hahaahaha .. bener ..beneer ...
    Selain badan pegel semua, juga ngga bisa duduk penuh (kebanyakan) gaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..
      ngeblog juga ga bakalan tahan kalau duduk tanpa kursi mas..
      hancur badan..

      Delete
    2. Hihihi 😁
      Betuuul ....

      Maka kita beruntung banget ada penemu ide pembuatan kursi.

      Delete
    3. benar banget mas..
      terimakasih kepada penemu kursi..:)

      Delete