Bengong Itu Pemborosan

Semua orang pernah mengalami keadaan bengong, pikiran atau perhatian tiba-tiba terseret oleh sesuatu sehingga tidak sadar dengan keadaan disekelilingnya.

Penyebabnya pun berbeda-beda.



Ada yang karena sedang menghadapi masalah, membayangkan pacar dan bahkan ada yang bengong dengan sendirinya tanpa sebab..


Boros

Bengong itu ternyata pemborosan lho. Pemborosan terutamanya adalah waktu dan energi. Energi dicurahkan untuk bengong dan waktupun berlalu begitu saja.

Bengong berbeda dengan berpikir..

Kalau berpikir berarti kita sedang merencanakan sesuatu untuk mencapai apa yang diinginkan sedangkan bengong berarti kita terbuai dengan apa yang dibayangkan.

Tapi kalau cuma sebentar sih tidak masalah..

Yang masalah adalah sering bengong berlarut-larut, apalagi jika sampai sering ditegur rekan kerja, atasan atau orang lain..

Ini yang tidak baik..


Bengong sebaiknya diganti dengan aktivitas lain yang menarik dan bermanfaat. Misalnya membaca berita, buku atau lainnya.

Membaca berita sekarang kan sangat mudah sekali, tinggal pakai handphone atau smartphone kemudian hubungkan dengan internet. Kegiatan lain yang bisa dicoba adalah belajar bahasa asing, komputer atau lainnya.

Pokoknya gunakan waktu untuk sesuatu yang bisa menambah keahlian kita.

Dengan begitu waktu yang dimiliki tidak terbuang sia-sia dan kita tidak memboroskannya untuk hal yang tidak penting. Nah, itulah alasan mengapa bengong itu pemborosan..

Apakah anda setuju?


Menjadi sibuk

Sibuk dengan tugas yang sudah diberikan membuat pikiran fokus kesana sehingga tidak ada kesempatan baginya untuk melirik sesuatu yang bisa membuat termenung..

Pikiran terpaku pada pekerjaan..

Atau kegiatan yang lain..

Bengong pun tidak mendapatkan kesempatan untuk menyelinap dan akhirnya pekerjaan menjadi cepat selesai. Kitapun siap kembali untuk menuntaskan tugas yang sudah menunggu.

Semakin efesien bekerja, semakin banyak yang dihasilkan.

Jika bengong merampok waktu dan pikiran, jelas apa yang sedang dikerjakan tertunda sehingga hasilnya diperoleh dalam waktu agak lama.



Terus..
Bengong itu biasanya terjadi ketika masalah menghampiri..

Masalah yang agak pelik dan rumit..

Fokus hilang dan perhatian untuk pekerjaan teralihkan karena memikirkan bagaimana kelanjutan problem tersebut serta solusi apa yang harus diambil.

Itu wajar..

Tapi jika kita memiliki tugas yang tidak kalah pentingnya, perasaan seperti itu mesti bisa dikendalikan.

Apalagi jika menjadi karyawan disuatu perusahaan..

Tugas adalah hal utama yang tidak boleh dinomorduakan. Mesti diutamakan. Karena itu jangan biarkan pikiran terlena sehingga anda malah bengong dan tidak sadar sudah menghabiskan waktu lama untuk itu..


Baca juga :

4 comments for "Bengong Itu Pemborosan"

  1. betul banget ini, bengong cuma ngabisan waktu aja, lebih baik gunakan untuk bekerja dan hal yang bermanfaat lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas..
      mesti lebih produktif lagi kitanya..

      Delete
  2. Eitss,bener banget ...
    Bengong itu cuma buang2 energi pikiran aja. Kalo diterus2in bisa kesambet deh 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesambet apaan mas?
      kesambet rejeki mau banget ini..
      hehe..

      Delete