Anak-ku Suka Sama Buku, Mudah-mudahan Terus Keranjingan

Istri meminta saya untuk membelikan "soft book" untuk anak kecil kami, Satya. Iya, saya sangat ingin nantinya Satya gemar membaca dan langkah awal yang coba ditempuh adalah membelikannya softbook.

Si kecil saat itu berusia 8 bulan.



Apa itu softbook?

Softbook adalah benda mirip buku terbuat dari kain dan didalamnya terdapat mainan kecil yang ketika dipencet ada bunyinya. Isi bukunya adalah gambar binatang dalam bahasa inggris. Tulisannyapun sederhana dan singkat.

Ketika saya bacakan misalnya "arf arf arf, the dog says arf", Satya akan mendengarkan dengan baik dan dia duduk santai sambil memegang bukunya. Ini saya lakukan sering untuknya.

Kemudian ketika melihat tumpukan buku saya yang nongkrong di rak, ia akan berusaha menggapai dan meraihnya. Ketika didapat, Satya akan memainkan buku itu. Tingkahnya lucu dan ia bisa menghabiskan waktu lama bermain dengan buku.

Kegiatannya ini selalu saya dampingi agar Satya tidak memakan bukunya. Jadi tetap perlu pengawasan dalam bermain.

Satya sangat menyukai buku dan saya akan terus mengenalkan buku-buku lain kepadanya. Agar nantinya Ia gemar membaca dan bisa menambah pengetahuannya. Terus membaca ya "Satya"...



Senang melihat anak rajin membaca

Sebagai orang tua, harapan saya adalah anak rajin belajar. Belajar berbagai macam hal dan yang penting sangat menggemari buku. Ketika melihat anak rajin bertatap-tatapan dengan buku, hati ini sungguh senang.

Buku bisa menjadi jembatan yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan.

Dan sekarang Si Kecil sudah hampir 5 tahun. Ia sudah bisa mengucapkan dan mengenal huruf serta angka. Suatu permulaan yang bagus kan?

Saya hanya sering mendampinginya belajar dan mulai terus mengenalkan rangkaian huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat. Lagian dia masih kecil, naluri bermainnya masih besar. Tidak bisa dipaksakan untuk duduk diam dan tenang.

Itu susah sekali.

Jadi sambil bermain, saya selipkan huruf dan rangkaiannya. Tujuannya adalah agar ia ingat dan nantinya semakin terbiasa. Hanya cara itulah yang bisa saya tempuh. Jadi anakpun tidak merasa terpaksa untuk belajar.

Dan kalau sudah lancar membaca, pastinya Satya akan sering saya ajak bermain ke toko buku. Beli buku apapun akan saya kabulkan.

Asalkan sering dibaca.. :)


Baca juga :

Post a Comment for "Anak-ku Suka Sama Buku, Mudah-mudahan Terus Keranjingan"