Cara Mencari Panjang Rusuk Kubus

kubus

Yang membuat perhitungan kubus menjadi lebih mudah dibandingkan dengan balok adalah itu karena semua sisi kubus memiliki panjang yang sama. Untuk mencari panjang rusuk sebuah kubus juga menjadi sangat gampang sekali. 

Kubus memiliki 12 sisi yang sama panjang (Ayo coba cari sisi apa saja itu???).  Ok, sisi-sisi kubus adalah : AB, BC, CD, AD, EF, FG, GH, EH, AE, BF, CG dan DH. Misalkan panjang salah satu sisinya kita misalkan "S", maka panjang rusuknya adalah :

Karena ada 12 sisi yang sama, maka panjang rusuknya adalah :
= 12 x S

Itulah cara mencari panjang rusuk sebuah kubus.

6 comments

sebuah kotak berbentuk kubus mempunyai volume 10.648.cm3.panjang rusuk adalah....

Reply

volume kubus = s x s x s
10648 = s x s x s
tinggal diakar tiga saja 10648 dan diperoleh
s = 22 cm.

Reply

Sebuah wadah berbentuk kubus mempunyai volume 13.824 cm3. Wadah tersebut diisi pasir hingga setengah bagian.Tinggi pasir dalam wadaj tersebut adalah.....
Dijawab pake jalan ya......

Reply

kubus berarti sisinya juga sama dengan tingginya (karena semua sisi sama ya). kita cari dulu sisinya dengan mengakar tigakan volume. Akar tiga dari 13824 adalah 24 cm. Berarti tingginya juga 24 cm. Karena diisi pasir hingga setengah bagian, maka tinggi pasir dalam wadah adalah setengah dari tinggi kubus, setengah dari 24 yaitu 12 cm.
Jadi tinggi pasir adalah 12 cm.

Ok, semoga membantu dan terimakasih atas kunjungannya ya..

Reply

misalnya volume balok 12000. Berapa panjang balok ?

Reply

kalau balok ga bisa dicari panjangnya jika hanya diketahui volumenya. paling tidak harus diketahui lebar dan tingginya barulah bisa dicari panjangnya. Balok terdiri dari panjang, lebar dan tinggi sedangkan kubus itu semua sisinya sama panjangnya.

Reply

Post a Comment