Mengapa Tangan Bayi Harus Dipakaikan Sarung Tangan?

Setelah menjadi seorang ayah, banyak hal baru yang saya temukan ketika merawat si kecil. Banyaknya peralatan dan aksesoris bayi membuat saya semakin mengerti mengapa semua itu harus digunakan olehnya.




Salah satunya yang menarik perhatian adalah pemakaian sarung tangan bayi. 


Mengapa mereka harus memakainya?

Apakah itu melindungi tangannya dari dingin? Mungkin saja..

Tapi kalau memang melindungi dari dingin, mengapa disiang hari sarung tangan itu tidak dilepas dan bahkan terus dipakai? Pemakaian selimut kan bisa juga untuk mengurangi dingin.




Apa yang saya pikirkan itu ternyata salah. Jawaban yang lebih mengena hadir setelah sarung ini tiba-tiba kendor dan melorot dari tangannya.

Tangannya dengan gesit bergerak, melayang kemana-mana, berkeliling kanan kiri atas bawah, memutar dan sebagainya.

Nah, disinilah saya ditunjukkan mengenai manfaat besar sarung tangan ini..

Ketika tangannya asyik hilir mudik tanpa arah, tiba-tiba jari-jemarinya langsung menyenggol pipinya yang lembut.



Sreeettt...
Pipi sih kecil langsung memerah..



Setelah saya amati, ada goresan tipis disana.

Nah, apa yang terjadi??
Ternyata kuku pada jari si kecil menggesek kulit pipi ketika tangannya bergerak disekitar wajahnya.

Hal ini saya ketahui ketika memegang tangannya, ternyata kukunya panjang-panjang. Lha, kuku inilah yang menyebabkan pipinya tergores sampai merah.

Kalau di daerah saya, kuku bayi begitu lahir tidak boleh dipotong sampai umur tertentu. Jadi, pemakaian sarung tangan ini sangat baik untuk melindungi pipi dan badan bayi dari goresan kuku tangannya. 

Wah, dapat ilmu baru lagi saya ini..


Manfaatnya

Sarung tangan mencegah kuku bayi menggores kulit pada setiap bagian tubuhnya, terutama pada area wajah.

Kulit bayi masih sensitif dan halus..



Untuk menghindari luka akibat gesekan dengan kuku, tangannya mesti bungkus dengan sarung tangan, sehingga menghindarkan si kecil dari kejadian seperti ini.



Apalagi gerakan tangan bayi itu tidak terduga.

Mereka juga belum bisa mengontrol gerakan tangannya sendiri.

Karena itulah, pemakaian sarung tangan sangat perlu demi menjaga kulit bayi tidak tergores yang bisa menimbulkan sensasi perih..


Baca juga :

Post a Comment for "Mengapa Tangan Bayi Harus Dipakaikan Sarung Tangan?"