Mengapa Tangan Bayi Harus Dipakaikan Sarung Tangan?

Setelah menjadi seorang ayah, banyak hal baru yang saya temukan ketika merawat adik bayi. Banyaknya peralatan dan aksesoris bayi membuat saya semakin mengerti mengapa semua itu harus digunakan oleh seorang bayi.

Yang menarik perhatian saya adalah pemakaian sarung tangan bayi. Apakah itu melindunginya dari dingin? Kalau memang untuk melindungi dari dingin, mengapa disiang hari sarung tangan itu tidak dilepas dan bahkan terus dipakai? Pemakaian selimut kan bisa juga untuk mengurangi dingin.

Apa yang saya pikirkan itu ternyat salah. Ketika saya melihat anak saya lepas sarung tangannya dan dia pun melakukan gerakan tangan yang kemana-mana. Tangannya bergerak kanan kiri atas bawah, memutar dan sebagainya. Nah, ketika bergerak itu tangannya mengenai pipi dan pipinya langsung merah dan ada garisnya. Saya heran kenapa begitu. Ketika saya pegang tangan si adik, ternyata kukunya panjang-panjang. Lha, kuku inilah yang menyebabkan pipi anak saya tergores sampai merah.

Kalau di daerah saya, kuku bayi begitu lahir tidak boleh dipotong sampai umur tertentu. Jadi, pemakaian sarung tangan ini sangat baik untuk melindungi pipi dan badan bayi dari goresan kuku tangannya. Wah, dapat ilmu baru lagi saya ini..

Post a Comment