Hari Raya Galungan


Hari raya Galungan datangnya setiap 210 hari sekali atau 6 bulan kalendar Bali ( 1 bulan kalendar Bali = 35 hari). Hari ini sangat saya nantikan, karena bisa pulang ke rumah di kampung, juga bisa bertemu saudara lainnya yang juga merantau jauh dari rumah. Upacara Galungan inipun meriah.

Mulai dari pagi dengan menyiapkan berbagai alat upacara, pembuatan sate untuk banten, pembuatan canang dan juga persiapan pembuatan penjor.

Penjor sendiri merupakan salah satu alat upacara yang membuat Galungan ini meriah. Penjor melambangkan rasa terimakasih umat kepada Tuhan karena sudah diberkati dan dicukupinya kebutuhan, terutama pangan. Di penjor akan digantungkan hasil pertanian baik itu padi, jagung, ketela, kelapa sebagai wujud terimakasih untuk hasil panen yang baik.

Persiapan biasanya dimulai dari hari minggu, 3 hari sebelum Galungan. Paling sibuk untuk persiapannya adalah sehari sebelum Galungan yang dikenal dengan Penampahan Galungan. Seperti pada gambar diatas, saya dan keluarga sedang mempersiapkan alat upacara dihari Penampahan Galungan.

Kami berkumpul bersama menyiapkan segala sesuatunya sambil mengobrol, bertukar cerita dengan  keluarga yang ada di rumah. Sangat menyenangkan kalau sudah bisa seperti ini.

Waktu tidak akan terasa sudah sore, karena sangat menikmati setiap kegiatan yang dilakukan. Galungan depan akan jatuh pada bulan Agustus 2012. Sudah tidak sabar lagi untuk segera merayakannya...




Post a Comment